jump to navigation

Merdeka 10 Juni 2008

Posted by garinps in Renungan, Umum.
Tags: , , ,
trackback

Saat ini mungkin hanya beberapa orang yang dapat menikmati kemerdekaan. Kemerdekaan untuk hidup di bumi Indonesia. Sejak Tahun 1945 para pendiri bangsa ini bercita-cita agar semua orang Indonesia bisa merdeka, dapat menikmati hidup ditanahnya sendiri, bisa beraktifitas dengan sesama warga bangsa. Perjalanan bangsa ini seperti orang tua renta, disana sini orang tersenyum tetapi tidak lebar, bahkan hidup seperti ketakutan. Tidak berani lagi memuji Tuhan menurut apa yang diyakininya. Bahkan orang beribadah pun seperti ketakutan, ketakutan diserang orang yang tidak sealiran dengan kita. Itulah fakta atas bangsa ini, jauh dari harapan para pendiri. Yang paling menakutkan jika mayoritas orang menghendaki sekelompok orang untuk tidak beraktifitas karena telah melanggar SKB, sehingga munculah perusakan Gereja, Mesjid bahkan Hotel tempat orang beribadah.

Terakhir orang berdemo di Monas diserang sehingga banyak orang harus menjadi korban kekerasan. Sampai kapan kita harus bisa hidup menghargai keyakinan orang lain. Apapun juga keyakinan orang lain itu adalah tanggung jawab pribadi orang tersebut dengan Sang Khalik. Ada masa dimana Tuhan akan mengadili, bukan saat sekarang. Sekarang ini adalah saat kita berbenah, berbenah diri dengan sesama dan dengan Sang Khalik, sehingga pada saat Nafiri berbunyi kita telah siap. Jika sekarang ini pun kita turut menjadi hakim, kita telah melampaui kehendak Tuhan dimana batas kita hanyalah mengingatkan tentang sesuatu hal yang tidak benar bukan menjadi hakim dan menghancurkan berbagai fasilitas umum.

Apa yang harus kita perbuat agar kondisi ini menjadi merdeka, adalah kita harus bersungguh-sungguh berdialog dengan Sang Khalik, tidak pura-pura sebab jika kita pura-pura, saya berkeyakinan Sang Khalik tidak pernah akan menyedengkan telinga-Nya untuk mendengarkan Doa kita.

Akhirnya jika kita menerima kebenaran, maka kebenaran itu akan memerdekakan kita.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: