jump to navigation

Tanda Sebagai Milik Kristus 2 Juni 2007

Posted by garinps in Renungan.
trackback

Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
Yohanes 14:15-17 “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
II Korintus 1: 20 – 22 Sebab Kristus adalah “ya” bagi semua janji Allah. Itulah sebabnya oleh Dia kita mengatakan “Amin” untuk memuliakan Allah. Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi, memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.

1. Apa tanda bahwa kita telah menjadi milik kristus. Ini menjadi pertanyaan banyak orang, apakah orang itu baru mengenal Kristus ataukah sudah cukup lama mengenal dan menjadi kristen. Tanda sangatlah penting, yang menandakan suatu kepastian bahwa kebenaran / keyakinan yang kita yakini adalah benar dan amin. Tanpa tanda dan keyakinan bahwa kita telah menjadi milik Kristus, akan membuat seorang menjadi gelisah. Dapat diumpamakan seorang pria yang menyampaikan cinta kepada seorang wanita, tetapi wanita tersebut tidak memberikan tanda dan respons apakah ia menerima cinta tersebut ataukah menolaknya. Demikian juga hubungan kita dengan Tuhan, apakah kita telah menjadi milik Kristus ataukah tidak. Memang pertanyaan ini sangatlah sulit dijawab karena sangat misterius, sama misteriusnya dengan pertanyaan apakah Mujizat Meko itu berasal dari Tuhan ataukah dari kuasa kegelapan. Untuk menjawab persoalan / pertanyaan ini dasar / referensi yang perlu menjadi landasan kita adalah alkitab.

2. Didalam alkitab tanda pertama mereka telah menjadi milik Kristus adalah penunjukkan langsung dari Tuhan Yesus, dalam hal ini Tuhan memilih beberapa orang menjadi pengikutnya. Ada terdapat 12 orang murid Tuhan Yesus yang secara langsung ditunjuk dan mendapat tanda awal bahwa mereka adalah milik Kristus, dapat dilihat pada Matius 10:1 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Dari dasar dan dengan tanda ini maka murid-murid-Nya mulai berani berkata “Dalam nama Yesus”, karena mereka mengetahui secara benar bahwa mereka telah ditunjuk oleh Tuhan Yesus dengan kuasa namanya untuk mengusir roh-roh jahat dan melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan, sehingga berhak membawa nama Tuhan Yesus. Mereka adalah duta besar Kristus yang dimana-mana dapat mengatas-namakan Tuhan Yesus. Sekarang banyak orang membawa nama Yesus, bahkan jika dilihat nama tersebut “dijual” untuk nama kebesaran pribadi kita sendiri. Sebagai contoh ada iklan, hadirilah KKR penyembuhan illahi oleh Pdt. X dari Gereja Y , pada bagian bawah ditulis untuk mendapat tiket masuk membayar Rp. 200.000,- Dalam promosi tersebut tanpa kita sadari bahwa ada usaha menjual nama Yesus. Sebab yang menjadi besar namanya adalah Pdt. X bukan nama Yesus.
3. Didalam alkitab, tanda kedua yang menjadi bukti bahwa kita telah menjadi milik Kristus adalah baptisan didalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus. Tuhan bersabda : Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Ini adalah tanda lainnya yang menandakan bahwa kita adalah milik kristus, jika kita telah di baptis. Baptisan merupakan menanda bahwa kita telah mewarisi kehidupan yang baru didalam nama Yesus. Tanpa tanda baptisan ini kita tidak akan dikenal sebab tidak memiliki tanda pengenal. Sebuah ijasah kelulusan akan selalu ditanda tangani oleh Pimpinan Sekolah dan pada bagian lainnya biasanya terdapat tanda mengetahui Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran, serta dibubuhi meterai untuk menegaskan keabsahan dari ijasah yang telah dikeluarkan oleh sekolah tersebut. Bandingkan dengan Baptisan kudus, dimana Allah akan meteraikan tanda tersebut, sehingga tidak akan ada mahluk di bumi maupun merubah meterai ini, bahkan tanda baptisan tersebut didalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus. Suatu tanda yang sangat luar biasa. Sehingga bagi jemaat marilah kita selalu menjaga meterai baptisan tersebut tidak cacat atau hilang karena tindakan kita.
4. Telah disebutkan ada 2 (dua) tanda bahwa kita telah menjadi milik kristus, yaitu tanda langsung oleh Tuhan dan baptisan kudus. Kedua tanda ini akan menjadi bermakna apabila kitapun meresponnya dengan bertanggung jawab. Seorang menerima gelar Sarjana untuk pendidikan tertentu akan berarti jika gelaran tersebut dapat ditunjang dengan pengetahuan dan aplikasinya dilapangan. Seorang bisa saja mendapat ijasah gelar Dr, DR, SE, SH tetapi apakah ia mampu berbicara dan bertindak sesuai dengan tingkat pendidikannya dan jurusannya. Seorang Doktor akan berbicara sesuai pendidikan Doktor yang dipenuhinya, seorang Dokter akan mampu berbicara sesuai dengan pendidikan yang telah didapatkannya. Sangat lucu, jika seorang dokter didatangi oleh pasiennya, ternyata dokter tersebut tidak mampu memberikan jawaban yang memadai sesuai dengan pendidikan. Tanda gelaran dan meterai ini juga berlaku bagi pengikut kristus. Gelar yang kita miliki adalah kristen, yang berarti milik dan pengikut Tuhan Yesus. Tanda dan gelaran ini memiliki konsekwensi yang luas, seperti sabda Tuhan : “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku…”. Jika kita menjadi milik Kristus konsekwensinya adalah menurut segala perintah-Nya, yang perlu digaris bawahi adalah kita harus menuruti segala perintah-Nya. Seorang dokter dalam menjalankan tugasnya selalu taat atas ilmu yang dipelajarinya, jika tidak maka akan terjadi malpraktek, demikian juga dengan seorang Pilot pesawat udara, jika tidak taat akan perintah dan standar yang berlaku maka perjalanan yang dilaksanakan akan menjadi neraka bagi dia dan penumpangnya. Syarat dan tanda bagi pengikut kristus adalah iman dan ketaatan atas segala perintahnya. Seorang yang dibaptis memang telah menerima tanda anugrah, akan tetapi tanda itu akan membawa ia pada penyesatan jika ia tidak taat kepada Tuhan. Tanda baptisan haruslah diikuti dengan tindakan nyata bahwa memang benar Ia adalah seorang pengikut kristus.
5. Tanda lain yang menandakan bahwa kita adalah pengikut Kristus adalah Roh Penolong/ Roh Kudus. Sabda Tuhan “….dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran “ Roh penolong akan diberikan kepada kita jika kita setia kepada-Nya. Saat ini percayalah bahwa Roh Kudus telah bersemayam didalam kehidupan kita untuk menyertai dan membimbing kita ke arah kesempurnaan kehidupan. Kita tidak perlu mengadakan upacara-upacara yang berlebihan, sebab jika kita setia, Ia akan meminta kepada Bapa untuk mengirimkan Roh Kebenaran. Untuk itu berhati-hatilah terhadap banyak ajaran tentang “roh”, “baptisan”, yang saat ini sangat berkembang di wilayah Indonesia. Ada jemaat yang diajarkan harus dibaptiskan kembali dengan penenggelaman jika dia telah dibaptikan dengan cara percikan air agar menerima “roh”. Waspadalah sebab dengan cara ini kita telah melecehkan karya dan tindakan karunia Allah, dan dengan apalagi kita dapat mengembalikan meterai tersebut.
6. Tanda selanjutnya adalah setiap doa dan permintaan kita akan dikabulkan menurut kehendak-Nya. Ini adalah tanda yang sangat memperteguh iman kita semua, jika kita berdoa didalam pergumulan akan dijawab-Nya. Matius 18:19 Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. Saya percaya semua kita pernah mengalami pergumulan dan dalam pergumulan tersebut kita merasa bahwa Allah menyertai kita, bahkan pergumulan-pergumulan disertai jawaban dari Allah telah menjadikan kumpulan kesaksian nyata atas kehidupan jemaat. Cukup banyak orang dengan air mata berlutut memohon kepada Tuhan dan air mata itu dijawab-Nya sesuai dengan waktu dan kehendak-Nya, yang penting kita tetapi taat menurut semua perintah-perintah-Nya. Amin.

Palu, 2 Juni 2007

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: