jump to navigation

Carilah Kerajaan Allah – Kumpulan renungan-2 26 April 2007

Posted by garinps in Renungan.
trackback

Lukas  12 : 31   Tetapi carilah Kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan juga kepadamu.

Kolose  3:1. Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.

=======================================>>>>>>

Hidup itu membutuhkan energi. Energi yang mendorong kita beraktivitas, seperti bekerja, bergaul antara sesama dan melaksanakan kegiatan setiap harinya. Tanpa energi kita tidak bisa berbuat apa-apa.  Energi yang kita butuhkan secara riil adalah makanan. Tanpa makanan kita tidak beraktifitas.

Persoalannya saat ini, kecenderungan hidup manusia lebih kearah mengumpulkan energi sebanyak-banyaknya sehingga lupa tujuan yang sebenarnya dari kehidupan itu sendiri, yaitu energi untuk kehidupan. Kita saat ini lebih cenderung untuk mengejar harta kekayaan, menumpuk harta kekayaan. Memiliki harta tidak dilarang oleh Alkitab, akan tetapi hidup terarah kepada kecenderungan materialis dan serba berusaha mencari kesenangan diri sangat ditentang oleh Alkitab.  Kecenderungan manusia saat ini adalah mengejar harta kekayaan untuk kepentingan dirinya sendiri, sehingga lalai dalam tugas sebagai manusia sosial yang membantu / sumber berkat bagi orang lain yang tidak memiliki kesempatan yang sama dalam hal memiliki rejeki.

Ajaran Alkitab tentang kehidupan itu sendiri :
(a)Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.

(b)Tetapi carilah Kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan juga kepadamu.

Ada 2(dua) pokok ajaran penting yang diajarkan oleh Alkitab, yaitu Pertama, mendorong setiap orang untuk berusaha mengenal  Tuhan secara lebih baik lagi. Kedua Tuhan tetap memenuhi dan memperlengkapi kehidupan kita.

Ayat diatas selama ini di pahami bahwa kalau mau hidup sejahtera, mari kita melayani Tuhan terlebih dahulu dengan cara menjadi Majelis, Diaken barulah kehidupan kita akan diperlengkapi. Pemahaman ini cukup lama kami yakini, sehingga motivasi pelayanan hanyalah agar hidup kita di perbaiki oleh Tuhan. Carilah Kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Kita tidak perlu menjadi belajar teologia atau ke sekolah Pendeta  agar hidup itu ditambahkan atau menjadi lebih sempurna. Hidup itu diawali dari Pagi hari berputar Pagi hari selanjutnya. Hidup kita berlangsung  karena energi yang kita makan dan ada satu lagi yang kita sering lupakan bahwa nafas hidup kita itu berasal dari energi yang diberikan oleh Tuhan. Energi kehidupan itu diberikan oleh Tuhan sama bagi semua mahluk hidup, baik manusia, tumbuhan, hewan bahkan bumi ini dan tatasurya ini pun diberikan energi. Jika tidak, kita tidak dapat membayangkan apa yang terjadi. Apa yang diharapkan dari Tuhan melalui ayat alkitab diatas, “Tetapi carilah Kerajaan-Nya”. Kalimat yang singkat tetapi bermakna luas bagi kita semua, bagaimana mencari Kerajaan-Nya, jawabannya singkat : Carilah didalam Alkitab. Kita hanya akan mendapat penjelasan tentang kerajaan Allah dengan lengkap hanya kita membaca dan merenungkan Isi Alkitab.

Ada kebiasaan buruk yang sering kita kerjakan selama ini, bangun tidur terus ke meja makan, untuk sarapan pagi. Hal ini memang wajar karena kita membutuhkan energi untuk aktifitas kehidupan ini, tetapi marilah kita mulai merobah pola hidup kita, pertama setelah bangun tidur adalah mencari Tuhan dengan membaca dan merenungkan firman Tuhan. Hal ini bermakna kita mengawali hidup dengan mengisi rohani kita dengan roti sorgawi, barulah setelah itu kita perlengkapi dengan makan nasi goreng atau lain-lainnya. Jika kita mengalami kesulitan berdoa, baiklah kita memulai dengan doa yang sangat sempurna yang diajarkan oleh Tuhan Yesus sendiri, yaitu Doa Bapa Kami.

Sebenarnya kita perlu belajar dari saudara kita kaum Ismail, yang secara rutin berdoa, bahkan terjadwal dengan tepat. Pola ini sebenarnya perlu kita terapkan, jika kita pelajari masa Tuhan Yesus, pola merenungkan firman Tuhan sangat tertib dan terjadwal, agar energi kehidupan kita pun menjadi kuat.

Sebagai Orang Tua maupun kaum muda, pola yang sehat perlu agar dimasa tua pun hidup kita terpelihara. Jika masa muda kita pun selalu diperlengkapi lebih awal dengan energi sorgawi yaitu Firman Tuhan, yakinlah bahwa kehidupan kitapun menjadi lebih seimbang. Kita menjadi lebih sehat karena dilengkapi energi sorgawi maupun energi dunia. Jika kaum kristen sehat dan kuat dari saat ini, tantangan  kehidupan dimasa masa mendatang dapat dilalui tanpa rasa takut dan gentar.

Jadi marilah kita mengawali kehidupan kita pada pagi dengan sarapan Firman Tuhan dan mengakhiri pada  malam hari dengan menutup malam kita dengan Firman Tuhan. Tuhan pasti akan memperlengkapi kehidupan dan cita-cita, yang penting marilah kita hidup dengan mendahulukan Tuhan bukan mendahulukan perut kita. Amin.


About these ads

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: